Pengalaman Menjalankan Mobil Kondisi Thermostat Radiator Dilepas

Inilah pengalaman yang bisa saya tuliskan setelah 6 bulan menjalankan mobil kondisi thermostat radiator dilepas. Apakah ada efek akibat melepas thermostat radiator mobil?

thermostat radiator L300

Alasan saya melepas thermostat adalah karena sudah 2x mengalami overheat hingga 2x pula cylinder head melengkung, hadeww...

Sebelum saya menjawab pertanyaan saya diatas, ada baiknya membaca lebih detail hal hal terkait thermostat radiator pada mobil di bawah ini...

Fungsi Thermostat Radiator Pada Mobil

Ada 2 fungsi thermostat radiator mobil, yakni:
1. Untuk mengatur sirkulasi air dalam blok mesin, yakni jika air dalam blok mesin telah mencapai panas pada suhu tertentu maka thermostat akan secara otomatis akan terbuka dan air dalam blok mesin akan berpindah ke radiator untuk didinginkan menggunakan kipas angin.

2. Untuk mengatur suhu mesin agar berada di kondisi minimal yang telah ditetapkan pabrikan, umumnya 93 - 104.4°C (tergantung jenis mobil). Pengaturan suhu minimal ini bertujuan agar mesin berfungsi optimal dalam hal pembakaran dak keawetan komponen dalam mesin.

Usia Pemakaian Thermostat Mobil

Tidak ada aturan baku berapa tahun thermostat radiator harus diganti. Tetapi kalau sudah rajin mengganti air radiator per 6 bulan sekali (dengan radiator coolant) tetapi di panel temperature suhunya sering diatas garis tengah sebaiknya segera ganti thermostat radiator karena itulah ciri thermostat mulai rusak.

Baca juga:
- Harga Mitsubishi L300
- Mitsubishi Xpander ada berapa type

Letak Thermostat Mobil

Letak thermostat radiator mobil tentu berbeda beda tergantung merk mobilnya, tetapi sebenarnya bisa anda telusuri dari jalur selang radiator yang menuju mesin. Jika anda belum tau silahkan mendatangi mekanik atau googling aja...

Beberapa jenis mobil letak thermostat nya sulit dijangkau, sehingga jika thermostat bermasalah misalnya bocor atau rusak sebaiknya datangi dealer resmi atau mekanik langganan anda.

Apakah thermostat yang rusak bisa diperbaiki? Sebaiknya jika rusak langsung ganti dengan yang baru karena peer spiralnya sudah tidak berfungsi dengan normal lagi.

thermostat radiator dilepas
Peer spiral pada thermostat radiator mobil

Keuntungan Melepas Thermostat Mobil

Tidak ada keuntungan melepas thermostat karena suhu mesin akan selalu rendah dibawah batas minimal panas mesin rekomendasi pabrikan.

Beberapa mekanik di bengkel non resmi yang saya datangi sering menyarankan melepas thermostat dengan alasan thermostat hanya cocok untuk mobil eropa yang bersuhu dingin, sementara di Indonesia bersuhu tropis (panas dan hujan).

Baca juga:
- Penyebab mobil diesel susah hidup
- Letak sekring L300


Efek Thermostat Mobil Dilepas

Bagian ini merupakan jawaban dari judul tulisan ini, yakni pengalaman menjalankan mobil kondisi thermostat radiator dilepas / dicopot selama 6 bulan. Oh iya, mobilnya adalah Mitsubishi L300 diesel. Tapi saya yakin mobil lainnya pun akan merasakan efek yang kurang lebih sama, sbb:

-  Tenaga mobil berkurang. Kalau di jalan datar terasa biasa saja, tetapi pas di tanjakan baru terasa kalau tenaganya berkurang.
- Soal boros / tidaknya bahan bakar saya tidak tau karena tidak pernah ngukur pakai alat apapun. Tetapi saya rasakan pemakaian bahan bakar normal saja. Atau kalaupun (mungkin) boros tapi tidak signifikan.

Demikian tulisan saya mengenai kondisi thermostat radiator dilepas. Semoga ada manfaatnya untuk pembaca sekalian...

4 Responses to "Pengalaman Menjalankan Mobil Kondisi Thermostat Radiator Dilepas"

  1. Benar Om, saya punya pengalaman saat Nissan Terrano saya over heat akibat thermostat macet dalam kondisi menutup saluran air dari radiator menuju blok mesin. Akhirnya saya ke bengkel radiator dan dengan yakin si mekanik bilang tidak usah pake thermostat lagi. Akhirnya saya ikuti sarannya. Memang semenjak dilepas thermostat-nya suhu mesin (tammpak di indikator temperatur) selalu di bawah C (cold) meskipun di tol dalam kecepatan tinggi. Kebetulan mobil dipake tiap hari dengan rute naik-turun gunung. Suatu hari saya terjebak macet di siang hari sedang terik-teriknya, entah kenapa ampere penunjuk suhu yang biasanya gak sampe melewati setengah, perlahan namun pasti mendekati max, bahkan hampir menyentuh redzone. Saya bingung dan agak panik, langsung menepi sejenak dan cek radiator, kipas, dll. Semua berfungsi dengan baik. Akhirnya begitu sampai rumah dengan hati was-was takut over heat, saya coba googling mencari tahu penyebabnya. Akhirnya diketahui bahwa hal tersebut akibat thermostat dilepas. Besoknya saya langsung beli thermostat dan pasang sendiri. Alhamdulillah temperatur mesin berada di garis tengah kurang sedikit terus baik saat jalanan macet maupun lancar dalam kondisi full AC, karena saya kalo menjalankan kendaraan AC pasti on terus. Kesimpulannya, banyak salah kaprah yang dilakukan oleh orang-orang yang mengaku sebagai mekanik handal menyarankan untuk melepas thermostat. Saya juga kadang bingung, saya yg notabene bukan ahli mesin apalagi lulusan teknik mesin alhamdulillah paham cara kerja thermostat dan memiliki pengalaman juga akibat buruk melepas thermostat. Mungkin waktu pelajaran tentang thermostat mereka gak masuk kelas kali ya ... hehehe. Thanks atas sharingnya.

    BalasHapus
  2. Mantap sharingnya.... semoga bermanfaat untuk pembaca lainnya...

    BalasHapus
  3. Sheringnya ok 👍👍👍👍👍
    Makasi buat para suhu sudah menjelaskan secara detail,saya baru kepikiran mau lepas pemanas mesin l300,tapi di lihat dari pengalaman para suhu suatu pelajaran baik,baik di awal susah ke depan

    BalasHapus
  4. Berbeda dengan pengalaman saya, waktu itu radiator bocor dan diganti dengan radiator copotan yg sudah dirubah uper tank dari fiber ke kuningan (dari bengkel karena darurat) setelah dicek bagian thermostat nya kosong alias ga ada. Tapi selama sy pake mobil (avanza 2009) tdk pernah ada msalah baik nanjak maupun macet. Ahirnya disarankan mekanik utk pasang thermostat. Masalahnya sekarang justru stiap menanjak tiba2 temperatur naik dan air di tabung air mendidih dan tumpah keluar mengakibatkan air radiator berkurang. Jadi gimana neh solusinya, sdah di cek warer pump normal, tdk ada kebocoran, fan normal...hadewhhh pusing ane

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel