5 Penyebab Mobil Diesel Susah Hidup Pagi Hari dan Saat Panas

Tulisan ini adalah berdasarkan pengalaman saya memiliki mobil diesel susah dihidupkan (start) di pagi hari, saat mesin dingin ataupun saat mesin panas. Ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya.


Urusan mobil diesel sulit dihidupkan hingga akhirnya mogok di tengah jalan ini menjadi semakin menyulitkan apalagi jika beban muatan mobil L300 sedang muat banyak hingga tidak memungkinkan untuk didorong ramai ramai.

Penyebab Mesin Mobil Diesel Susah Hidup di Pagi Hari, Saat Dingin dan Saat Mesin Panas:

1. Accu Lemah

Ini termasuk masalah yang mudah diidentifikasi. Tanda accu lemah adalah pada saat kontak di start maka lampu indikator accu akan berkedip lemah atau bahkan tidak menyala sama sekali.


Solusinya adalah segera ganti dengan accu yang baru. Atau jika belum ingin mengganti ya masih bisa diupayakan dengan mencuci accu, mengisi dengan air accu murni (air zuur) lalu di charge selama beberapa jam hingga daya terisi penuh.

Untuk diketahui, tindakan ini sifatnya adalah spekulasi alias untung untungan. Bisa jadi accu bisa bertahan hingga beberapa minggu atau malah hanya bertahan beberapa hari saja.

Masa pemakaian accu (aki) mobil diesel umumnya antara 10 bulan - 2 tahun, tergantung dari merk accu dan perawatannya.

Baca juga: harga mitsubishi pickup L300 bak terbuka

2. Masuk Angin 

Akibat sering terlambat mengisi BBM solar, maka dampaknya solar bercampur angin akan masuk ke filter solar dan akan mengakibatkan "masuk angin". Solusinya adalah memompa filter solar dengan tangan hingga tekanan pompa terasa berat.

Sebisa mungkin hindari mengisi solar saat jarum sudah berada di garis merah alias persediaan solar di tangki sudah hampir habis, karena hampir bisa dipastikan selang hisap sudah menyedot solar bercampur angin.

3. Filter Solar Kotor

Ini juga bisa mengakibatkan mobil diesel susah dihidupkan pagi hari ataupun dalam keadaan panas. Solusinya adalah segera bersihkan atau ganti filter solar dengan yang baru.

Banyak penyebab filter solar cepat kotor hingga mampet, antara lain karena kualitas solar yang (mungkin) jelek atau tangki penampungan yang sudah kotor banyak endapan.

4. Busi Pemanas / Glow Plug Mati

Jika poin 1 - 3 sudah diatasi tetapi mobil masih tetap susah dihidupkan, maka kemungkinan yang ke 4 adalah busi pemanas / glow plug sudah tidak berfungsi normal (lemah).

Glow plug adalah busi pijar untuk membakar solar saat kompresi piston mencapai titik puncak. Ini fungsinya hampir serupa dengan busi biasa pada mesin bensin.

Cara mengetahui glow plug mati / masih hidup adalah dengan melepas glow plug dan mengetesnya satu persatu. Ada banyak video tutorial di Youtube tentang cara mengetes glow plug mobil diesel.

Untuk diketahui busi pemanas sebaiknya diganti per 100.000 KM. Harga 4 bh glow plug asli milik Mitsubishi sekitar Rp 1,2 juta. Sementara jika glow plug buatan Jepang harganya Rp 400.000 (4 biji).

Penggantian glow plug sebaiknya langsung 4 biji sekaligus, walaupun glow plug yang mati hanya 1 biji saja.

5. Selang Solar Longgar

Poin ini yang betul betul tidak terduga! Setelah mobil diesel L300 saya atasi semua poin 1 hingga 4 ternyata mobil masih saja sulit dihidupkan / di starter, baik di pagi hari saat mesin dingin maupun saat mesin panas. Sampai berpikir keras mencari cari penyebabnya, hahaha...

Akhirnya saat diperiksa bagian selang ternyata selang solar yang menuju filter solar dan injector agak longgar, walaupun sudah di clamp.

Karena selang longgar akibatnya saat mesin mati beberapa jam maka solar perlahan bisa turun kembali ke tangki. Akhirnya setelah dipasang double clamp barulah masalah  benar benar teratasi.

Panduan cara mengatasi mesin susah hidup di pagi hari, saat mesin dingin dan saat mesin panas ini bisa diaplikasikan untuk mesin diesel Mitsubishi Kuda, L300, Triton, Isuzu dan jenis mobil diesel lainnya. Semoga tulisan ini bermanfaat...

0 Response to "5 Penyebab Mobil Diesel Susah Hidup Pagi Hari dan Saat Panas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel